Tegangnya Mengurai Simpul Misteri di Novel “Suicide Knot”

APAAAA???

Itulah ekspresi yang muncul setelah membaca novel Suicide Knot tulisan Vie Asano.

Suicide Knot adalah novel bergenre Urban Thriller yang diterbitkan oleh penerbit Noura. Novel ini merupakan salah satu pemenang kompetisi Urban Thriller yang diadakan oleh Noura pada akhir 2017 hingga 2018. Dan sejak tahun 2020, novel ini sudah bisa kamu baca versi digitalnya di Rakata.

Novel Suicide Knot bercerita tentang kehidupan remaja SMA yang berisi peristiwa-peristiwa tak biasa. Ada banyak konflik yang terjadi pada tokoh-tokohnya, mulai dari perisakan (bullying), persaingan untuk menjadi yang terbaik, hingga konflik keluarga.

Vie Asano, mengawali novel ini dengan sebuah tragedi. Anne, seorang siswi SMA berbakat, bunuh diri dan menyiarkannya secara langsung di Instagram.
Karen, sahabat baik Anne sejak SMP, awalnya percaya bahwa Anne memang telah meninggalkannya dengan cara bunuh diri. Namun, setelah beberapa teman sekelasnya meminta Karen untuk melihat sendiri video siaran langsung Anne, Karen mulai ragu.

Anne rupanya telah meninggalkan kode sebelum dia meninggal. Sebuah kode yang hanya dimengerti oleh dia dan Karen. Sejak itu, Karen yakin bahwa Anne tidak bunuh diri. Ada sesuatu yang terjadi pada Anne dan Karen bertekad untuk mengungkap misteri di balik kematian sahabatnya itu. Kode-kode yang ditinggalkan oleh Anne menjadi petunjuk yang membimbing Karen untuk mengurai simpul misteri yang membuat pikirannya tidak bisa tenang.

Apakah Karen akan berhasil menuntaskan misinya?
Apa sebenarnya misteri di balik kematian Anne?
Pesan apa yang ingin disampaikan Anne pada Karen?

***

Sudah cukup banyak novel remaja yang bahas soal bullying di sekolah, tapi gak banyak yang menyajikannya dalam bentuk thriller. Gulungan misteri yang diurai satu demi satu oleh Karen membuat cerita ini susah untuk ditinggalkan. Rasa penasaran dijamin bikin pembaca ketagihan untuk terus membuka halaman demi halaman.

Suicide Knot sangat pintar membuat pembaca ikut hanyut dalam perasaan Karen, sang tokoh utama. Marah, sedih, takut, bingung, hingga frustrasi, semua terasa begitu nyata. Plot yang rapi dan cukup kompleks menambah sensasi seru bercampur tegang ketika membacanya.

Ketika membaca Suicide Knot, kamu akan tanpa sadar ikut terlibat dalam perjalanan Karen. Berbekal petunjuk-petunjuk yang sudah ditemukan Karen, kamu juga akan ikut menebak-nebak apa sebenarnya misteri yang menyelubungi tragedi kematian Anne. Karena itulah, novel ini bukan hanya menempatkan kamu sebagai pembaca yang pasif, tapi juga aktif terlibat di sepajang cerita.

Maka gak heran kalau novel ini mendapatkan gelar “Best Mystery & Suspense” pada ajang penghargaan Scarlet Pen Awards tahun 2020 yang diadakan oleh Detectives ID.

Kalau kamu lagi nyari bacaan yang misterius dan bikin mikir tapi masih cukup ringan untuk dinikmati, Suicide Knot wajib masuk daftar to be read kamu di aplikasi Rakata.

Selamat membaca!

PS: Kalau sudah baca Suicide Knot di Rakata, tuliskan juga komentarmu atas bukunya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *