Hai, hai! Kamu sering merasa gregetan sama diri sendiri karena gak punya ide buat nulis? Tenang, kamu gak sendiri. Faktanya, itu adalah fenomena umum yang dialami banyak orang ketika ingin belajar menulis.

Worry no more! Selama kita mau belajar, pasti semua masalah ada jalan keluarnya. Khusus untuk masalah tadi, Rakata mau bagi-bagi beberapa tips yang bisa kamu coba praktikkan sehari-hari. Yuk, kita simak!

1. KUMPULKAN REFERENSI
Ide baru itu gak datang dari ruang kosong. Ide biasanya gabungan dari hal-hal yang sebelumnya sudah kamu tahu. Jadi, tips pertama adalah isi dulu kepalamu dengan banyak informasi dan hal menarik alias kumpulkan referensi. Caranya: membaca, menonton, mendengarkan musik, mengamati lingkungan sekitar, dan lain-lain.

Pas banget, di Rakata kamu bisa baca banyak buku-buku bagus dari beragam kategori, yang bisa jadi sumber referensi kamu.

2. SIAPKAN WAKTU MELAMUN
Orang mungkin sering bilang kalau melamun itu kegiatan yang gak produktif. Hem, gak selalu gitu juga, lho. Melamun sebenarnya bisa jadi jalan kita untuk mendapatkan ide. Kenapa?

Jadi gini. Ide bisa diibaratkan seperti kendaraan dan kepala kita adalah jalannya. Kalau misalnya jalannya udah penuh sama kendaraan lain kira-kira idenya bisa lewat gak? Tentu sulit, hehehe. Biasanya, ide akan lebih mudah datang kalau ada jalan kosong di kepala kita.

Itulah kenapa ide sering datang ketika kita sedang melamun. Nah, sebisa mungkin sisihkan waktumu untuk mengistirahatkan pikiran dengan melamun atau merenung.

3. CATAT IDE YANG LEWAT
Hal selanjutnya yang gak boleh kelewatan adalah siapkan alat untuk menangkap naskah yang lewat. Sering, kan, sudah punya ide yang kayaknya asik banget buat ditulis tapi pas sudah di depan laptop malah gak ingat mau nulis apa. Hehehe.

You’re not alone.

Inilah kenapa mencatat ide itu penting. Alatnya sederhana, cukup pensil dan buku catatan, atau pakai aplikasi pencatat di gawai juga bisa. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu. Yang penting, begitu ada ide yang lewat, jangan cuma diingat, tapi langsung dicatat.

4. BIKIN CELENGAN IDE
Gak semua ide yang datang bisa langsung kita eksekusi jadi tulisan. Ya, kan? Terus gimana dong biar ide yang sudah kita catat itu gak sia-sia? Caranya adalah dengan bikin “celengan ide”.

Siapkan satu tempat untuk mengumpulkan semua ide yang sudah kamu catat. Tentu bukan celengen beneran ya, hehehe. Kamu bisa menggunakan buku catatan khusus untuk merekap semua idemu, atau membuat folder khusus di komputer.

Kamu bisa membuka celengan idemu setiap butuh ide untuk menulis. Tinggal pilih dari ide-ide yang sudah kamu kumpulkan, ide mana yang mau kamu garap duluan.

Kamu juga bisa lho bikin celengan ide di Rakata. Tinggal bikin aja satu cerita yang kamu simpan sebagai draft. Di sana kamu bisa mengumpulkan ide-ide cerita yang kamu dapatkan. Begitu idenya sudah siap ditulis, gak perlu ke mana-mana bisa langsung ditulis juga di Rakata.

Nah, itu dia empat tips biar gak kehabisan ide menulis dari Rakata. Semoga bermanfaat, ya! Jangan lupa kalau sudah ada ide yang mau ditulis, tulis ceritamu di Rakata, ya.

Kutunggu ceritamu! 🙂

PS: Cek forum Rakata untuk berbagai tips lainnya. Di sana, selain bisa dapat tips soal menulis, kamu juga bisa langsung berdiskusi baik dengan sesama penulis maupun dengan Rakata. Sampai jumpa, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *